Custom Search

Rabu, 10 Februari 2016

Budidaya beras merah

Budidaya beras merah secara organik merupakan salah satu alternatif pilihan bagi anda yang mungkin memang berkecimpung di dunia pertanian. Beras merah merupakan salah satu produk tanaman pangan yang dapat tumbuh bagus di kawasan Indonesia dan mengandung nutrisi yang tinggi sehingga secara prospek pasar, produk beras merah organik memiliki prospek yang bagus. Ini merupakan kabar yang baik bagi pertanian dan para petani Indonesia yang menggeluti budidaya berpola organik.


Budidaya beras merah Pola Organik
Beras Merah Organik Sangat menyehatkan
Banyak penelitian yang menyatakan bahwa beras merah memang kaya akan kandungan nutrisi, di antaranya yaitu protein, asam lemak tidak jenuh, beta sterol, isoflavon, saponin, Zn dan juga mevinolin-HMG-CoA. Oleh karena itu, beras merah yang dibudidayakan secara organik merupakan salah satu bahan pangan yang dapat dimanfaatkan untuk perbaikan gizi masyarakat serta untuk mencegah berbagai macam penyakit. Dan yang lebih penting dapat meningkatkan kesejahteraan petani kita.

Budidaya Padi / beras merah organik menguntungkan
Tumbuhan Padi / Beras Merah
Meskipun banyak masyarakat yang sudah mengetahui manfaat serta Khasiat beras merah, ternyata dalam hal budidaya beras merah kurang mendapatkan perhatian. Sehingga pola budidaya perlu di rubah sistemnya dari pertanian yang menggunakan pupuk kimia menuju pertanian yang berbasis organik. Selain itu, daya konsumsi masyarakat terhadap beras merah pun sangat terbatas. Padahal perlu anda ketahui, bahwa harga beras merah pun tak berbeda jauh dengan harga beras putih dan tentunya dengan kualitas yang sama.

Bagi anda yang mungkin tertarik dengan budidaya beras merah organik, silahkan anda simak uraian pada blog Cara Budidaya Organik berikut ini.

Beberapa langkah dalam budidaya beras merah yang harus anda lakukan yaitu:

1. Mempersiapkan lahan


Langkah awal jika anda ingin budidaya beras merah organik yaitu dengan mempersiapkan lahan. Anda dapat memulainya dengan membersihkan lahan dari tanaman pengganggu yang masih tersisa di lahan yang akan anda gunakan untuk budidaya. Langkah selanjutnya yaitu dengan menggemburkan lahan dan juga memberikan pupuk bokashi serta memberikan kapur dolomite di lahan persawahan tersebut.

2. Pembenihan


Pembenihan dapat anda lakukan dengan cara semai , pemilihan bibit padi merah unggul sangat penting ! , namun anda dapat melakukan seleksi ulang sebelum menyemai benih pada saat merendam bibit . Jika pada saat perendaman ada benih padi yang mengambang ambil dan buang , sehingga bibit yang anda semai benar2 bibit yang berkualitas.

3.    Penanaman


Untuk budidaya beras merah, penanaman dilakukan di awal musim hujan. Anda dapat mulai menanam kira-kira usia bibit mencapai 21 hari. Penanaman dapat anda lakukan dengan sistem jajar legowo untuk mendongkrak hasil panen beras merah, dengan pola jarak 25cm 25cm 25cm 25cm 40cm arah utara selatan. Pada Arah Matahari terbit / timur barat minimal 20 cm tergantung kebutuhan anda.

4.    Pemeliharaan


Pemeliharaan dalam budidaya beras merah secara organik dapat anda lakukan dengan langkah yang umumnya anda lakukan untuk tanaman lain. Misalnya yaitu pemberian pupuk pola organik , penyulaman, penyiangan, pengendalian hama dan penyakit secara organik serta pemanenan. Penyulaman dapat anda lakukan ketika tanaman berusia 1-3 minggu sedangkan untuk penyiangan dapat anda lakukan dengan menyiangi rumput yang tumbuh di lahan tempat budidaya beras merah. Penyiangan ini dapat anda lakukan ketika usia tanaman anda 3-4 minggu. Pengendalian hama dan penyakit memang umumnya dilakukan dengan bantuan peptisida namun kita harus menggunakan pestisida non kimia dan hal ini anda lakukan tiap 15 hari sekali. Sedangkan penyemprotan pupuk organik cair dapat diberikan setiap 5 hari sekali . Aplikasi pemberian pupuk cair dan pengendalian hama menggunakan pestisida organik adalah selang 5 hari , semprot pupuk cair , semprot pupuk cair kemudian semprot pestisida hayati / organik.

Nah, itulah beberapa langkah yang harus anda lakukan dalam budidaya beras merah Organik. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar